Kandungan Yang Dimiliki Mangga Harum Manis

By | Januari 5, 2019

Kandungan Yang Dimiliki Mangga Harum Manis

Tubuh sangat membutuhkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain mengonsumsi sayuran, memakan buah-buahan juga sangat disarankan oleh ahli gizi. Mengonsumsi buah-buahan setiap hari lebih aman jika dibandingkan memakan suplemen vitamin. Salah satu jenis buah yang bisa dikonsumsi adalah mangga harum manis. Mangga ini mempunyai cita rasa yang sangat manis sesuai dengan namanya.

Kandungan Vitamin Dalam Mangga Harum Manis

Mangga harum manis merupakan salah satu jenis mangga yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Rasa manis mangga ini membuat orang dengan mudah mengonsumsinya. Langsung dimakan juga bisa atau dibuat menjadi jus lebih dahulu. Di samping rasanya yang manis, mangga jenis ini mengandung berbagai vitamin yang berguna bagi tubuh. Vitamin yang terkandung antara lain:

  1. Vitamin C

Kandungan yang pertama adalah vitamin C yang sangat berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Orang yang kekurangan vitamin C lebih mudah sakit karena sistem kekebalan tubuhnya terganggu. Selain itu, vitamin C juga berguna dalam menjaga kesehatan mulut dan gusi. Vitamin C sangat bermanfaat untuk menjauhkan dari penyakit sariawan. Mendengar kata sariawan pasti terdengar penyakit yang remeh. Padahal jika ada sariawan di mulut, Anda pasti tersiksa karena ingin makan dan bicara pun sudah sulit karena perih.

  1. Pektin

Pektin adalah kandungan yang juga ada dalam mangga harum manis selanjutnya. Pektin merupakan zat yang sangat berguna bagi sistem pencernaan. Dengan pektin maka pencernaan bisa diperlambat. Anda bisa merasa kenyang lebih lama dan secara tidak langsung sangat membantu program penurunan berat badan. Jadi, jika ingin melakukan diet, konsumsilah mangga ini setiap hari makan konsumsi karbohidrat bisa ditekan.

  1. Kalium

Dengan mengonsumsi mangga setiap hari dapat mencukupi kebutuhan kalium. Kalium merupakan zat yang membantu Anda dalam menjaga kestabilan detak jantung. Dengan begitu, akan terhindar dari penyakit mematikan jantung koroner. Kalium juga sangat berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah yang bisa mengakibatkan penyakit hipertensi. Semua menyadari kalau hipertensi merupakan penyebab penyakit lanjutan yang lebih parah yaitu stroke.

  1. Flavonoid

Kandungan lain yang penting yang ada dalam mangga harum manis adalah flavonoid. Tidak salah dengan kandungan flavonoidnya yang tinggi membuat mangga ini mendapatkan julukan sebagai buah sumber antioksidan terbaik. Jika kebutuhan tubuh akan antioksidan bisa tercukupi, maka sistem imunitas tubuh bisa meningkat sehingga tubuh terhindar dari radikal bebas. Anda pasti menyadari efek buruk radikal bebas bagi tubuh. Jadi dengan mencegah radikal bebas masuk dalam tubuh maka kesehatan tubuh bisa dijaga dan terhindar dari berbagai penyakit kanker.

  1. Beta Karoten

Mengonsumsi buah mangga ini secara teratur membuat Anda tidak kekurangan beta karoten. Zat ini sangat berguna untuk menghindarkan dari penyakit kanker, diare, liver dan sebagainya. Di samping itu, beta karoten sangat dibutuhkan oleh wanita yang sedang hamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya supaya terhindar dari penyakit komplikasi kehamilan dan demam setelah melahirkan.

  1. Selulosa

Zat selanjutnya adalah selulosa yang berguna untuk mempercepat waktu berhentinya makanan dalam usus setelah selesai dicerna. Dengan begitu, Anda bisa terhindar dari sembelit. Walaupun hanya sembelit, ini merupakan awal dari penyakit yang lebih buruk seperti kanker usus.

Tidak ada ruginya mengonsumsi mangga harum manis setiap hari. Kebutuhan vitamin dan mineral bisa terpenuhi. Pastinya bisa menghindarkan Anda dari berbagai penyakit mematikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *